Friday, January 5, 2018

Tips & Trik Memilih Tools untuk Pengembangan Web

  No comments


Dalam pengembangan sebuah web dibutuhkan tools-tools yang dapat membantu menunjang produktifitas dari seorang programmer. Tapi, dari sekian banyak tools-tools yang tersedia masih banyak juga programmer pemula yang bingung menentukan tools yang terbaik buat mereka atau tools yang biasa digunakan oleh seorang master web.


Pada tulisan ini, saya akan membagikan tips & trik untuk memulai mengembangkan sebuah web yang baik dan tidak membuang waktu selama masa production. Oke, tidak usah buang-buang waktu kita langsung saja masuk ke pembahasan.

Tips Memilih Tools untuk Pengembangan Web


Text Editor

Text Editor memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan sebuah web, bagaimana tidak ? Karena kita ngodingnya di text editor :=D. Sekarang ini sudah banyak text editor yang sudah bagus dan cepat dalam pemakaiannya. Tidak hanya untuk pembuatan web namun juga pembuatan program yang lain, seperti Java, Kotlin, C#, Python, dll. Namun ada satu hal yang menjadi perhatian khusus seorang programmer, yaitu kepraktisan. Seberapa praktis kah text editor yang kamu gunakan saat ini ? Mari kita bahas satu per satu.

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan text editor yang masih balita saat ini. Walaupun pendatang baru (April, 2015), VS Code memberikan fitur yang sangat banyak namun tetap dalam performa yang baik dan stabil. Ini artinya Microsoft telah sukses membanggakan para developernya.

Packages

Apa itu packages ? packages itu tidak ada perbedaannya dengan plugin, jadi ada pihak ketiga yang membuat plugin untuk VS Code yang kemudian dapat digunakan oleh user atau dalam hal ini developer. Sampai saat ini sudah terdapat ribuan plugin yang siap kamu gunakan secara gratis! Namun ada beberapa packages atau plugin yang sudah terinstal secara default.
Tapi mungkin kita sedikit kewalahan untuk memilih plugin yang terbaik untuk digunakan, kadang jumlah download plugin yang banyak tidak menjamin lugin tersebut cocok untuk kita gunakan (Kita asumsikan kita menggunakan perspective masing-masing). VS Code dibuat menggunakan JavaScript Engine.

2. Atom

Atom merupakan text editor yang dirilis sejak tahun 2014. Sejak perilisannya Atom berhasil memikat banyak penggemar programming untuk menggunakan text editor tersebut. Yang menjadi pertimbangan pada saat itu adalah, Atom dibuat oleh GitHub. Jadi, besar kemungkinan peminatnya juga tidak jauh-jauh dari pengguna platform tersebut.

  • URL: https://atom.io/
  • Harga: Gratis sampai kamu bosan ngoding
  • Developer: GitHub
  • Platforms: OSX, Windows, Linux

Packages

Tidak berbeda dengan VS Code, Atom juga memiliki ribuan packages dan tema yang bisa kita install kapan saja. Packages tersebut di host di GitHub yang kemudian didistribusikan ke Atom.
Dari pengalamanku, Atom merupakan text editor terbaik yang pernah aku gunakan. Mulai dari penggunaan FTP untuk share remote > local atau sebaliknya sangat mudah. Proses connect juga mudah. Semua pengaturan yang pada Atom menggunakan model JSON, jadi kita lebih terbiasa menggunakan JSON dalam keseharian sebagai seorang programmer. Namun dari semua kelebihannya itu, aku merasakan kalau Atom masih terasa berat. Pada saat dibuka pertama itu masih menunggu beberapa menit sampai semua proses selesai dan bahkan tidak jarang Atom mengalami gagal operasi jadi mesti di end process terlebih dahulu trus dibuka ulang.
Silahkan baca kelanjutannya di prathnandesign.com

No comments :

Post a Comment